Penjelasan rumus COUNT, COUNTA, COUNTBLANK, COUNTIF dan COUNTIFS dalam Ms. Excel

Fungsi rumus COUNT() adalah fungsi dasar statistik yang digunakan untuk menghitung cacah nilai dalam suatu range. Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai rumus COUNT() sekaligus turunan-turunan rumusnya.

RUMUS COUNT()

Rumus ini digunakan untuk menghitung jumlah cacah nilai dalam suatu range. Perhatikan gambar dibawah ini untuk lebih memperjelas fungsi rumus COUNT().

penjelasan rumus count

Gambar 1 : Penjelasan rumus count

Struktur rumus count pada dasarya sama seperti pada rumus sum, struktur rumus count adalah seperti berikut

=COUNT(value1,[value2],..)

value1, value2 dan seterusnya merupakan nilai yang akan dihitung cacahnya. akan tetapi pada pengaplikasian rumus count biasanya menggunakan alamat range nilai sehingga penulisan rumus count akan menjadi seperti berikut

=COUNT(D8:I8) 

D8 adalah alamat cell pertama dari range nilai dan I8 merupakan alamat terahir dari range nilai yang akan dihitung cacahnya.

 

RUMUS COUNTA()

Rumus COUNTA adalah rumus yang digunakan untuk menghitung cacah nilai yang tidak kosong atau dengan kata lain cell memiliki nilai. Untuk pengaplikasiannya silahkan perhatikan gambar dibawah ini.

penjelasan rumus counta

Gambar 2 : Penjelasan rumus counta

secara struktur rumus tidak ada perbedaan dengan count, hanya saja counta hanya menghitung cell yang tidak kosong.  akan tetapi untuk kasus diatas penggunaan rumus count dan counta akan menghasilkan keluaran yang sama.

 

RUMUS COUNTBLANK()

Rumus COUNTBLANK adalah kesebalikan dari rumus COUNTA, fungsi dari rumus ini adalah digunakan untuk menghitung cacah nilai kosong dalam sebuah range. Untuk pengaplikasiannya silahkan perhatikan gambar dibawah ini.

PENJELASAN RUMUS COUNTBLANK

Gambar 3: Penjelasan rumus countblank

dari gambar diatas dapat kita lihat, rumus countblank akan menghitung cell kosong pada range nilai.

 

RUMUS COUNTIF()

Rumus COUNIF digunakan untuk menghitung jumlah cell dalam range nilai tertentu dengan menggunakan kriteria tambahan semisal nilai lebih kecil dari, lebih dari, frasa tertentu dan lain sebagainya. Untuk pengaplikasiannya silahkan perhatikan gambar dibawah ini.

Penjelasan rumus COUNTIF

Gambar 4 : Penjelasan rumus countif

gambar diatas adalah contoh kasus untuk menghitung jumlah cacah nilai yang dibawah KKM ( lebih kecil 75 ) menggunakan rumus countif.

 

RUMUS COUNTIFS()

Rumus COUNIFS digunakan untuk menghitung jumlah cell dalam range nilai tertentu dengan menggunakan kriteria tambahan berjumlah lebih dari satu kriteria. Untuk pengaplikasiannya silahkan perhatikan gambar dibawah ini.

PENJELASAN RUMUS COUNTIFS

Gambar 5 : Penjelasan rumus countifs

dari gambar diatas kita dapat melihat bahwa dengan menggunakan rumus countifs kita dapat memasukkan banyak kriteria sekaligus. Untuk kasus diatas, rumus countifs digunakan untuk menghitung jumlah siswa yang memiliki nilai matematika, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris lebih dari KKM.

Sekin penjelasan mengenai penggunaan rumus count dan turunannya, semoga artikel ini bermanfaat dan jika ada pertanyaan mengenai pembahasa artikel diatas silahkan tuliskan pertanyaan anda pada kolom komentar dibawah.

Untuk mendownload artikel diatas dalam bentuk pdf silahkan kunjungi link dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *