Penjelasan fungsi IF tunggal dan IF bertingkat pada Ms. Excel

Fungsi IF() merupakan fungsi dalam excel yang digunakan untuk menguji sebuah statement atau pernyataan. Nilai balik yang dihasilkan oleh fungsi ini tergantung dari hasil pengujian apakah benar (TRUE) atau salah (FALSE). Kita dapat mengatur nilai balik sesuai dengan statement yang diujikan. Di dalam penerapannya fungsi if ini biasanya terdapat dua bentuk yaitu if tunggal (hanya ada satu statement) dan if bertingkat/jamak (lebih dari satu statement).

Fungsi IF tunggal/single IF

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, fungsi if tunggal adalah fugnsi if yang hanya memiliki satu buah statement saja. Untuk sintaks penulisan rumusnya adalah sebagai berikut.

=IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false])

  • logical_test : adalah statement yang akan diuji.
  • value_if_true : adalah nilai balik dari fungsi apabila statement yang diuji bernilai benar.
  • value_if_false :¬†adalah nilai balik dari fungsi apabila statement yang diuji bernilai salah.

Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi tersebut bisa dilihat gambar di bawah ini.

tutorial excel penjelasan fungsi if

Fungsi IF jamak/multiple IF

fungsi if bertingkat sebenarnya sama saja dengan fungsi if biasa, namun dalam fungsi if bertingkat statement yang diuji lebih dari satu dan diletakkan pada bagian value_if_false pada statement sebelumnya. Itu artinya jika pada pengujian statement pertama hasilnya adalah flase, maka fungsi ini akan menguji kembali pada statement ke dua dan seterusnya. Untuk sintaks penulisan rumusnya adalah sebagai berikut.

=IF((logical_test,[value_if_true],IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false]))

Sintaks rumus diatas untuk fungsi if dengan statement sebanyak dua buah. Penjelasan dari tiap-tiap bagian sintaks if jamak sama dengan penjelasan sintaks pada if tunggal. Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi if ini bisa diperhatikan gambar dibawah ini :

 tutorial excel fungsi if jamak

yang paling diingat pada rumus if jamak ini adalah kurung tutup bagian belakang harus sejumlah statement if yang diujikan atau sampai kurung tutup berwarna hitam.

Demikian penjelasan fungsi rumus if tunggal dan if jamak, untuk tutorial mengenai cara penerapan rumus pada kasus dapat mengunjungi link di bawah ini.

Jika ada pertanyaan yang berkaitan dengan penjelasan diatas bisa melalui komentar di bawah artikel ini. Dan jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan share artikel ini ke akun sosial media anda melalui ikon sosial media di bagian atas dan bawah artikel ini. Terimakasih.

Untuk mendownload artikel ini dalam format pdf dapat menggunakan link di bawah ini :

>> Download tutorial excel file pdf penjelasan fungsi IF

2 thoughts on “Penjelasan fungsi IF tunggal dan IF bertingkat pada Ms. Excel

  • 15/12/2018 at 14:43
    Permalink

    Anjayy lengkap banget….. Makasi

    Reply
    • 21/12/2018 at 04:58
      Permalink

      makasih..

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *