Penjelasan Conditional Formatting – Bag. 3

Pada tutorial kali ini kita akan membahas kelanjutan dari tutorial sebelumnya mengenai tutorial excel conditional formatting hilight cell rules yaitu conditional formatting top/bottom rules. Jika anda belum membaca tutorial sebelumnya silahkan baca dahulu memalui link diatas. Conditional formatting top/bottom rules digunakan untuk mencari nilai paling atas atau paling bawah dengan batasan kriteria tertentu. Berikut penjelasan mengenai top/bottom rules beserta tutorialnya.

Top 10 Items
Top 10 items digunakan untuk mencari 10 nilai tertinggi dalam rentang data yang diseleksi. Fungsi ini secara otomatis akan mensort data dan mencari sepuluh nilai paling tinggi dari range data tersebut. Contohnya adalah sebagai berikut :

tutorial excel conditional formatting top ten item

Top 10%
Digunakan untuk mencari 10% nilai paling tinggi dari rentang data yang diseleksi. Fungsi ini hampir sama dengan fungsi sebelumnya (Top 10 Items) namun fungsi ini mencari 10% nilai teratas dari range nilai yang diseleksi.  Contohnya adalah sebagai berikut :

tutorial excel conditional formatting top ten item

Bottom 10 Items
Digunakan untuk mencari 10 nilai terbawah dari rentang nilai yang diseleksi. Fungsi ini secara otomatis akan mensort data dan mencari sepuluh nilai paling bawah dari range data tersebut. Contohnya adalah seperti berikut :

tutorial excel conditional formatting top ten item

Bottom 10%
Digunkana untuk mencari 10 % nilai paling bawah dari range nilai yang dicari. Fungsi ini hampir sama dengan fungsi sebelumnya (Bottom 10 Items) namun fungsi ini mencari 10% nilai terbawah dari range nilai yang diseleksi. Contohnya adalah sebagai berikut :

tutorial excel conditional formatting bottom 10%

Above average
Digunakan untuk mencari nilai-nilai yang berada diatas rata-rata dari semua nilai di dalam range. Fungsi ini secara otomatis akan mensort data dan mencari nilai rata-rata dari range data yang dipilih, kemudian fungsi akan mencari nilai yang lebih tinggi dari rata-rata nilai yang didapat sebelumnya. Contohnya adalah sebagai berikut :

tutorial excel conditional formatting above average

Below Average
Digunakan untuk mencari nilai-nilai yang berada dibawah rata-rata dari semua nilai di dalam range. Fungsi ini secara otomatis akan mensort data dan mencari nilai rata-rata dari range data yang dipilih, kemudian fungsi akan mencari nilai yang lebih rendah dari rata-rata nilai yang didapat sebelumnya. Contohya adalah sebagai berikut :

tutorial excel conditional formatting below average

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai conditional formatting top/bottom rules. Untuk mendownload file pdf dapat melalui link dibawah ini.

>>Download file pdf conditional formatting – part 3

Untuk mendownload file excel latihan dapat menggunakan link dibawah ini.

>>Download file latihan excel conditional formatting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *